FGD indikator CRC di BPPT Kota Bandung

17 Oktober 2010 pukul 15:51 | Ditulis dalam Kegiatan | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,
FGD CRC di BPPT

FGD CRC di BPPT

Lembaga Advokasi Kerakyatan (LAK) bekerja sama  dengan Bappeda Kota Bandung pada tanggal 15 Oktober 2010 menyelenggarakan FGD pembahasan indikator Citizen Report Card (CRC).  CRC adalah salah satu metode untuk mengukur kepuasan konsumen atas layanan yang diterimanya.   Ijin mendirikan Bangunan (IMB) adalah salah satu produk layanan Badan Pelayanan Perjinan Terpadu (BPPT)  Kota Bandung merupakan salah satu issue strategis BPPT dalam upaya meningkatkan pelayanannya.

Tim dari  LAK dan Kemitraan FGD yang didukung oleh Kemitraan/Partnership) tersebut membahas tentang indikator kepuasaan konsumen dengan metode CRC. FGD diikuti oleh oleh dua pihak yang terlibat dalam mekanisme layanan yang bersangkutan, yaitu penyedia layanan (provider) dan penerima layanan (consumen). Oleh sebab itu FGD yang dilaksanakan melibatkan BPPT sebagai penyedia layanan dan masyarakat sebagai penerima layanan. FGD yang dibuka oleh Kabag TU BPPT Bapak Riki dihadiri pula oleh seluruh Kepala bidang layanan di BPPT. Dalam kata pembukaannya Riki menyatakan bahwa CRC yang akan dilaksanakan dan didahului oleh FGD ini merupakan sesuatu yang perlu dilakukan untuk menghindari perpedaan persepsi atas layanan yang disediakan BPPT.  Selanjutnya dinyatakan pula  oleh Riki bahwa   berbagai keluhan yang disampaikan masyarakat atas layanan BPPT  seringkali bukan kewenangan kami untuk memperbaikinya, karena beberapa mekanisme perijinan juga melibatkan SKPD lain.

FGD CRC Sesi Provider BPPTFGD dilaksanakan dalam dua sesi.  Sesi pertama dilakukan  oleh pimpinan dan staf yang membidangi IMB dan Sesi kedua dilakukan oleh masyarakat dan kelompok masyarakat. Perwakilan yang hadir antara lain dari DPKLTS, LBH Kota Bandung, Sanggar  dan lain-lain yang juga memberikan masukan berarti dalam proses pelaksanaan survey CRC  yang akan dilaksanakan LAK. Survey CRC yang akan dilaksanakan oleh LAK dalam rangka kegiatan dari program memperdalam reformasi tata pemerintahan melalui pelembagaan sistem integritas dan pencegahan korupsi di Kota Bandung. (*Krd-lakinfo*)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar


Entries dan komentar feeds.